Tempat Belajar Bisnis Online

Sekolah Untuk Belajar Bisnis Online

Menu

Cara menjadi youtuber pemula ala sekolahseo

December 23, 2020 | Basic Bisnis Online, youtube

Cara menjadi youtuber pemula

 

Hasil pencarian dari google trend 2020, pencarian menjadi youtuber menjadi salah satu pencarian terbanyak, gimana cara google trend bisa menemukan cara ini yaaa?

jadi secara matematis “kata kunci” dijumlahkan secara jumlah pencarian per bulan lalu dibuat rata rata hasil pencarian per tahun, bahasa mudah nya kira kira seperti itu yaaa

 

oke kita bahas cara menjadi youtube pemula yaa

0. Buat channel youtube

1. tentukan niche

2. konsistensi posting

3. judul video

4. thumbnail video

5. spread the link

 

Buat channel youtube

yaaa langkah pertama cara menjadi youtuber pemula, tentu saja pak kepala sekolah menyarankan untuk jangan lupa membuat email gmail terpisah antara email untuk penggunaan pribadi dan email penggunaan channel youtube ini, kenapa?
karena email untuk channel youtube yaa memang akan dikhususkan untuk menerima email email yang berkaitan dengan pengembangan channel youtube yang akan kita buat.

untuk pembuatan channel youtube, peran nama memiliki fungsi yang cukup penting, misalnya kamu akan memilih niche “dekorasi rumah” nama channel kamu mengandung kata “dekorasi rumah” maka kamu akan memenangkan satu langkah ketika ada orang yang mencari “dekorasi rumah” di youtube.

sebagaimana kita ketahui youtube saat ini secara tidak langsung menjadi search engine kedua terbesar setelah google.

ini berdasarkan asumsi data ala pak kepala sekolah yang memang mencari sesuatu bantuan ketika mengalami ketidakmudahan dengan melakukan pencarian di youtube.

contoh yaaa misalnya mengalami masalah “mau maen drone pertama kali” maka pak kepala sekolah akan melakukan pencarian dengan kata kunci “cara maen drone pertama kali”

 

sesederhana itu kan kalo ada masalah cari nya yaa kalo ga di google yaa di youtube.

sudah paham tentang pemilihan nama channel di youtube ? Jika belum paham, kamu bisa melihat video pendek dari pak kepala sekolah di bawah ini yaaa 🙂 silahkan subscribe like dan share channel “sekolah seo” ini yaaa

( Note: Link Video menyusul yaa )

tentukan niche

Lagi lagi ketemu sama kata “tentukan niche” secara arti bahasa indonesia, niche adalah ceruk pasar nah menurut pak kepala sekolah niche adalah koentji

jadi untuk menjadi youtuber pemula, niche apa yang mesti diambil? Baiklah ini saran dari pak kepala sekolah untuk kamu yang mau menjadi seorang youtuber 😬

carilah 1 niche saja, jangan niche yang gado gado, contoh orang yang bermain konsisten di 1 niche adalah “ridwan hanif” dengan channel otomotif nya beliau lalu ada “nex carlos” dengan channel wisata kuliner nya selanjutnya ada channel “ merpati lovers “ yang membahas seputar dunia merpati

boleh niche dengan gado gado ga pak kepala sekolah? Jawaban nya “boleh” tapi yaaa ke gado gado an nya itu, contoh channel gado gado di youtube adalah channel yang biasanya membahas tentang “berita” atau “komedi” atau “keajaiban keajaiban”

 

sebenernya yang dimaksud dengan channel gado gado yang tidak disarankan pak kepala sekolah untuk kamu yang baru terjun untuk menjadi youtuber pemula adalah channel umum seperti

hari ini bahas binatang, besok bahas tumbuhan begitu seterusnya, karena audience yang akan diberikan oleh youtube menjadi tidak sama dan akan membingungkan mesin algoritma youtube sendiri.

ini menjadi mirip kalo kamu membuat akun di tiktok dan muncul di kolom fyp feed ( eh bener ga yaa ejaan nya begitu ) nah youtube akan menjadikan video youtube kamu menjadi sebuah suggestion video karena algoritma yang tepat dan diterapkan di channel youtube kamu.

Mungkin kamu mau nonton penjelasan soal pemilihan niche ala sekolahseo.id di video di bawah ini yaaa

( Note: Link Video menyusul yaa )

konsistensi posting

Dari Beberapa guru seputar youtube yang pak kepala sekolah pernah belajar, salah satu kunci dari berhasilnya channel youtube kamu adalah dengan adanya konsistensi posting selama 90 hari pertama channel mu. di beberapa guru memang hanya 40 hari pertama channel dibuat, namun jumlah video yang diposting juga minimal 2 video, sehingga secara jumlah yaaa kira kira sama dengan 1 hari 1 video selama 90 hari setelah channel youtube kamu selesai dibuat.

Jadi Pak Kepala sekolah menyarankan setidaknya setelah mempunyai 10 video baru mulai upload ke channel kamu, setelah diupload langsung optimasi channel kamu ala ala sekolahseo.id yaaa.

 

judul video

Untuk Judul Video juga mesti mengikuti kaidah dari apa yang disukai oleh algoritma youtube, salah satunya kalau menurut pak kepala sekolah adalah mengandung unsur “kata kunci” yang memang sedang kita bidik, namun kadangkala judul yang BOMBASTIS lebih disukai di klik oleh audience di youtube, namun pak kepala sekolah tidak merekomendasikan tehnik ini di awal kamu membangun channel youtube kamu, beneran setelah 90 video pertama tehnik judul BOMBASTIS baru bisa kamu laksanakan. Kenapa jangan judul bombastis dulu ?supaya audience nyaman dulu terhadap channel kamu.

Kamu Boleh scroll channel youtube om “deddy courbuzier” “atta hallintar” “raditya dika” mereka memulai dengan konsistensi posting video dan judul yang asa aja di bawagian awal mereka merintis channel youtube mereka. Jadi Fokuslah di 90 judul video yang baik baik saja dulu yaaa.

thumbnail video

Beberapa guru youtube pak kepala sekolah juga mengajarkan tentang pentingnya thumbnail dari channel youtube kamu, karena thumbnail semacam pintu masuk orang jadi klik atau tidak setelah channel kamu dijadikan semacam rekomendasi dari youtube, lakukan thumbnail yang terbaik yang akan membuat kamu dan channel kamu menjadi channel youtuber pemula yang banyak di klik orang heheheh.

spread the link

Sebagai Youtuber Pemula, salah satu cara membuat semakin banyak viewer menonton video kita maka cara yang paling enak adalah dengan cara spread the link, maksudnya gimana ? maksudnya adalah setelah link video kamu sudah kamu posting, selanjutnya kamu perlu menyebarkan link link video kamu ke seluruh sosial media kamu, atau bisa juga ke website website yang kamu punya. Menyebarkan link nya juga jangan kaya SPAM membabi buta, tapi cobalah dengan pasang status di website , pasang status di facebook, jadikan link channel youtube kamu sebagai profile website di instagram dan bisa juga kamu pasang link ke video terbaru kamu di youtube kamu pasang sebagai status di whatsapp, sesering apa ? sering banget lah hehehe bahkan kamu juga bisa sebarkan link kamu ke group group whatsapp yang kamu ikuti yaaa, tetapi catatan penting nya jangan SPAMMING. karena banyak orang ga suka untuk di SPAMMINGIN , misalnya nih kamu boleh sebar kan dengan tulisan “tonton deh video ini, kisahnya ngeselin banget…….link youtube ”  tapi jangan sering sering yaaa dilakuin kaya gini karena nanti lama lama orang akan tahu juga, nah yang lainnya kamu bisa pinter pinter milih kata kata untuk melakukan penyebaran link video terbaru youtube kamu.

Jika KAmu merasakan manfaat dari artikel ini, bantu share yaaaa nanti link link yang kosong akan segera diupdate oke 🙂

Note:

Sengaja Post ini tanpa gambar sama sekali di post pertama, nanti hampir tiap hari akan pak kepala sekolah edit karena ini merupakan bagian dari SEO gimana caranya bisa ada di halaman 1 google dengan keyword “cara menjadi youtube pemula

Semoga Kamu terpuaskan dengan artikel dari sekolahseo.id kali ini yaaa, sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Related For Cara menjadi youtuber pemula ala sekolahseo