Tempat Belajar Bisnis Online

Sekolah Untuk Belajar Bisnis Online

Menu

Digital Marketing Indonesia

Digital Marketing Indonesia

Perkembangan dunia digital di indonesia menyebabkan ikut terseretnya dunia digital marketing indonesia, sehingga bisnis digital marketing di indonesia adalah sebuah lini bisnis yang bisa dijadikan sebuah upaya mendapatkan penghasilan dari internet.

Apa saja yang dibutuhkan untuk digital marketing di Indonesia :

  1. SEO ( Search Engine Optimasation )
  2. SEM ( Search Engine Marketing )
  3. SSM ( Sosial Media Marketing )

Secara Umum hanya 3 hal namun dari 3 hal yang saya sebutkan di atas penjabarannya sangat panjang dan mendalam 🙂

Oke kita bahas dulu dari point 1 yaaa SEO ( Search Engine Optimasation )

SEO sendiri saya pecah menjadi sebuah kata sederhana yaitu “Keyword” nah untuk menemukan keyword atau kata kunci adalah sebuah langkah yang cukup sulit diawal, maka ini saya akan melakukan system reverse engineering.

system reverse engineering bisa diketahui darimana ? pertama kali saya akan memasukan kata kunci atau keyword sesuai dengan produk 🙂

Misalnya saya menjual produk “perumahan” maka secara sederhana saya akan mencari kata kunci “perumahan” nanti akan muncul website website yang menggunakan kata kunci “perumahan” lalu saya akan memilih 10 website pertama untuk saya “bajak” kata kuncinya dengan metodelogi sederhana

digital marketing indonesia

Saya akan memilih 10 website yang berada di halaman pertama, kemudian saya akan membuka domain tersebut satu demi satu lalu melakukan tehnik reverse engineering yang bisa saya lakukan 🙂

tehnik reverse engineering yang saya lakukan adalah masuk ke google.com kemudian ketik ” site:namadomaintarget.com”  tanpa tanda petik yaaa masukin domain targetnya.

setelah melakukan itu saya akan membaca ada berapa banyak :

1.artikel yang terindex

2.melakukan pengecekan di bagian tittle dari artikel yang sudah terindex 🙂

butuh contoh ga?kalau butuh contoh saya coba screen shoot aja yaaa disini saya mencontohkan domain target adalah rumah dot com sebagai domain target Digital marketing indonesia

Sudah bisa melihat ada berapa banyak data yang dihasilkan, lalu saya membuat diagram excel untuk membuat urutan kata kunci yang akan saya bidik.

syarat kata kunci tersebut saya bidik adalah dari 10 website yang kita lakukan penelitian, haruslah memiliki kesamaan kata kunci, bukan hanya sekedar website tersebut terindex saja.

jadi misalnya dari domain rumah.com terdapat 100 yang terindex lalu dari 10 domain yang lain terdapat 50 yang sama, maka saya akan fokus mengejar 50 judul artikel menggunakan data tadi.

selain menggunakan cara cara ini, bisa juga menggunakan tools keyword planner seperti keywordtool.io ubersuggest.io atau gunakan saja google keyword planner, namun belakangan google keyword planner tidak menampilkan data yang oke apabila kita tidak pernah beriklan di google adwords, ngeselin kan? Tapi memang resiko gratisan kevalidan data tidak dapat dipastikan akurat 100 persen.

SEM ( Search Engine Marketing )

di bagian ini kita fokus membahas website kita beriklan di search engine seperti google, yahoo ataupun BING.

jika target marketnya khusus amerika saya sangat menyarankan untuk menggunakan BING, entah mengapa BING dijadikan main search engine untuk orang orang amerika ^^ data dari saya bisa saja salah. Jadi cobalah semua metode periklanan pada search engine.

keuntungan lain beriklan pada search engine adalah, mayoritas search engine juga bekerjasama dengan website website yang memiliki jumlah pengunjung buanyak per hari nya,jika pernah mendengar google adsense nah website yang memiliki akun adsense lah yang akan menayangkan iklan kita sebagai third party dari search engine seperti google.

misalkan produk kita adalah rumah, maka google akan memfilter iklan kita tayang di website yang berkaitan dengan rumah. Misalnya website yang membahas design rumah, website yang membahas arsitektur rumah,dan yang berkaitan lainnya, bisa juga sampai website yang membahas parenting yang akan menayangkan iklan kita,kenapa parenting? Karena secara umum sebuah keluarga pasti membutuhkan rumah kan? Disitu maksud saya.

SMM ( Sosial Media Marketing )

saat ini jumlah sosial media buanyak banget, tetapi 3 terbesar adalah twitter, facebook dan instagram mengekor di belakangnya ada path, snapchat namun cukup 3 besar saja dari sosial media yang dimaksud maka bisnis dan website kita bisa melesattttt ke udara.

sebelum memulai membahas SMM ( Sosial Media Marketing ) sejak awal kita perlu menyiapkan akun akun dengan nama yang sama.

contoh website kita bernama hondacawang.com maka sebaiknya akun IG kita bisa hondacawang.com juga sebagai user namenya

Untuk  facebook apabila menggunakan  akun personal maka nama hondacawang.com kemungkinan besar akan ditolak, karena itu bukanlah sebuah nama “manusia” sehingga untuk facebook perlu membuat facebook fanspage , Nah facebook fanspage bisa dan menurut saya aman menggunakan nama hondacawang.com sebagai identitas di facebook fanspage kita.

Twitter adalah sosial media yang saat ini “katanya” sudah mulai ditinggalkan, namun membaca data dari sosial baker twitter masih membuat indonesia negara paling cerewet sedunia ^^ dan tolong koreksi saya, apakah ketika mencari berita yang dibuka pertama facebook? Atau membuka IG?

Biasanya yang menjadi patokan adalah “trendingtopic” dari twitter sebagai acuan sesuatu sedang menjadi “Viral”

tehnik posting di 3 sosial media ini juga berbeda behaviour nya sehingga perlu juga mempelajari secara tehnis dan informatif bagaimana karakteristik audience di sosial media masing-masing ini.

karena adanya perbedaan behaviour seperti twitter misalnya, dulu terbatas di 140 karakter, maka memainkan kata pendek namun langsung nancep adalah sebuah cara yang efektif di media sosial twitter, nah sekarang twitter agak sedikit longgar karena sudah bisa menjadi 250 karakter, sehingga untuk twitter bisa dimainkan dengan lebih panjang karakternya.

Untuk instagram orang sering menyebut sosial media gambar, maka gambar yang di post di instagram haruslah gambar gambar dengan resolusi terbaik, sehingga audience menjadi betah berada di akun kita.

untuk facebook bagaimana tehnik postingnya? Bagi saya berdasarkan pengalaman maka sosial media facebook menjadi salah satu yang agak “sedikit” bebas dan bisa juga merupakan sebuah penggabungan. Dari instagram dan twitter.

lalu bagaimana menjalankan imi semua secara bersamaan?

Untuk saya sebaiknya :

1. Buat dulu sebuah website yang secara organik sudah terindex du mesin pencari tanpa tools apapun

2.buat trisula sosial media yang sudah saya sebutjan di atas

3.isi konten dan sesuaikan dengan behaviour sosial media yang ada.

4.mulai beriklan dari sosial media dulu

5.siapkan fitur google tag manager sebagai sebuah cara “menghantui” audience kita

6.beriklan di google dan 3rd party google. ( jika target marketnya indonesia, langkah ini masih super duper efektif )

7.buatlah iklan native ads, di media media besar di indonesia, saya berikan contoh kamu bisa langsung beriklan dengan placement native ads di media seperti detik.com kompas.com viva.co.id atau bisa juga di kaskus.co.id

native ads itu bagaimana sih? Native ads adalah sebuah placement advertising yang tidak “seperti” beriklan,namun ini akan tayang seolah ini adalah sebuah artikel biasa sehingga secara tidak langsung pembaca tidak menyadari jika artikel yang dibaca adalah “iklan” karena kecenderungan orang tidak menyukai dijadikan “target iklan”

Related For Digital Marketing Indonesia

Ngobrol di Facebook Groups