Tempat Belajar Bisnis Online

Sekolah Untuk Belajar Bisnis Online

Menu

Registrasi Ulang SIm Card Untuk Apa ?

November 2, 2017 | Basic Bisnis Online

Beberapa hari belakangan ini diramaikan dengan broadcast mengenai “kewajiban registrasi ulang sim card, untuk apa ?

Kepala sekolah mencoba menggali makna registrasi ulang sim card bagi pelanggan pra bayar.

Kepala sekolah di sekolahseo.id punya analisa sendiri mengenai hal ini :

Pemerintah melihat ecommerce indonesia perkembangannya begitu pesat,

dari judul di atas pemerintah cukup memberi perhatian kepada ecommerce indonesia,tetapi bukan perhatian dalam bentuk apa melainkan sebuah perhatian ini mampu menjadi dongkrak pendapatan melalui sektor pajak ecommerce

registrasi ulang sim card

kenapa akhirnya ini menjadi sebuah kewajiban ? saat ini pemerintah akan dengan mudah melakukan penghitungan omset ecommerce melalui marketplace yang ada di indonesia, tinggal buka data dari tokopedia,bukalapak,shopee,lazada,blibli maka itu omset ecommerce melalui media marketplace, total omset mereka akan dengan mudah diberikan beban pajak.

Nah pemerintah sepertinya bukan ingin mengincar jumlah pajak dari ecommerce marketplace tetapi pajak dari “ONLINE SHOP” yang tidak melalui marketplace yang closing nya masih menggunakan whatsapp,LINE,BBM ataupun aplikasi messaging lainnya,serius jumlah online shopnya bisa jauh lebih banyak dari yang melakukan listing di marketplace ( Ini asumsi pribadi kepala sekolah yaaaa) mari kita lihat dulu dari marketplace yaaa registrasi ulang sim card

betapa besarnya jumlah yang terlisting di marketplace….tetapi bukan itu tujuan registrasi simcard kalau menurut kepalasekolah yaaa

tujuan dari registrasi simcard ini adalah pemerintah mampu melakukan kontrol kepada pelaku pelaku ecommerce di indonesia sehingga mampu melakukan penarikan pajak secara legal ^^

darimana faktor ini didapat ?

1.setiap registrasi marketplace butuh simcard

2.setiap registrasi sosial media butuh simcard

3.setiap registrasi instant messaging butuh simcard

sekali lagi bukan pajak dari sektor ecommerce yang dari marketplace,tetapi pajak dari ecommerce non marketplace yang closingnya masih di instant messaging.

 

Issue yang berkembang di masyarakat,registrasi ini diperuntukan untuk kepentingan politik,yaitu pengelembungan suara pemilu tahun 2019 🙂 buat kepala sekolah di sekolahseo.id ini,hal tersebut kurang diketahui karena memang bukan bidang keilmuan pak kepala sekolah ini 🙂

nah kenapa akhirnya sektor ecommerce ini digenjot untuk “ditarik” pajak ? karena selama ini mayoritas pelaku ecommerce di indonesia tidak melakukan pembayaran pajak,karena berdiri tanpa badan hukum seperti CV ataupun PT, sehingga kontrol untuk penarikan pajak akan menjadi sulit.

Tahun 2017 saja sampai bulan oktober 2017 target pencapaian pajak baru mencapai 70 persen.

registrasi ulang sim card

dengan angka transaksi ecommerce di indonesia maka pemerintah melirik sektor ini sebagai mesin tambahan menghasilkan pajak untuk negara.

registrasi ulang sim card

luar biasa bukan kemampuan sektor ecommerce indonesia, nah saran untuk para pelaku ecommerce indonesia mulailah berbenah laporan keuangan masing masing untuk membuat pelaporan pajak, ketentuan yang pak kepala sekolah tahu jika omset di bawah atau sama dengan 4,8 milyard maka pajaknya hanya 1 persen.

Tetap berpikir positif kalau kebijakan ini akan memberikan manfaat positif untuk kita ke depannya 🙂

bagaimana alurnya ?

pemerintah akan meminta data ke facebook dengan berdasarkan data nomor telpon yang dimiliki, apabila dalam jangka waktu periode tertentu tidak melakukan pelaporan pajak namun aktifitas sosial media nya sangat aktif, perlu sekali dilakukan penyelidikan tambahan,jika diketahui berpenghasilan namun tidak melakukan kewajiban pembayaran pajak, maka pemerintah melalui direktorat jendral ajak akan membuat skema [embayaran pajak kepada wajib pajak yang memiliki penghasilan.

Ketidakrelaan sebagian pelaku ecommerce di indonesia apabila pajak mengerogoti sendi sendir penghasilan dikarenakan tingkat korupsi masih tinggi,padahal uang yang dikorupsi adalah sebagian dari uang pajak yang kita bayarkan.

semoga pemerintah melakukan berbagai macam perbaikan system sehingga sulit dilakukan korupsi dan bersamaan infrastruktur skema penerapan pajak ” adil” bagi seluruh lapisan masyakat dapat memberikan manfaat bagi negara.

Related For Registrasi Ulang SIm Card Untuk Apa ?

Ngobrol di Facebook Groups