Tetap Produktif Di Era Tidak Mudah

Awal Maret 2020 saat presiden Joko widodo kasih pengumuman kalo ada 2 suspect corona di Indonesia, reguduk reguduk ramai wacana untuk bekerja dari rumah, nah siapa yang udah kerja dari rumah ?

work from home

Meskipun kelas nya UMKM kerja dari rumah harus tetap produktif lho, sebenernya inilah saatnya untuk kita lebih produktif, kenapa ? target market kita lagi banyak di rumah , jadi banyak kesempatan buat beli produk kita ๐Ÿ™‚

Apa Aja yang bisa dilakuin ? pak kepala sekolah mulai dari yang belum punya bisnis yaaa, ini tahapan tahapan nya saat kosong work from home ๐Ÿ™‚

 

Tahapan Tahapan Work From Home Yang Menghasilkan

  1. Cari Produk yang diminati pada saat musim seperti ini, tapi pak kepala sekolah tidak menyarankan untuk ikutan berbisnis masker, hand sanitizer , APD atau hal hal yang sifatnya “aji mumpung” apa contohnya yang bisa dijual pada saat seperti ini ? tentu saja bahan pokok, seperti makanan yang agak awet , bahan dasar pembuat empon empon ( harga Ga boleh dinaikin, jual normal aja ) , kopi kaya tokokopi.idย 
  2. Buat Website nya , tentu saya sebelum buat website tentuin dulu nama domain nya, kaya pak kepala sekolah jualan kopi, beli nama domain nya tokokopi.id , sejauh ini pak kepala sekolah percaya banget beli domain di bit.do/hostingindonesia
  3. setelah menentukan nama domain udah pasti perlu beli yang nama nya hosting, nah kalo pak kepala sekolah rekomendasinya beli di bit.do/hostingsingapura atau bisa juga beli di idwebhost di bit.do/hostingindonesia sejauh ini performa website yang kepala sekolah hosting kan disana aman sentausa, ada beberapa hosting langganan lagi tetapi itu 2 tadi yang paling user friendly buat kepala sekolah, dan secara support mereka cukup oke .
  4. Install domain domain tadi dengan menggunakan wordpress, kenapa wordpress ? karena dengan wordpress terdapat banyak plugin yang memudahkan .
  5. Install plugin yang dibutuhkan, kalo pak kepala sekolah installnya all in one seo pack ( buat yang seneng pake yoast seo juga bagus ), jetpack dan terakhir sitemap generator nya anne brochold , sebagian lagi nanti kita bahas di bagian bawah artikel ini yaaa.
  6. Mulai posting secara micro niche, weleh maksudnya gimana sih ? gini misalnya jual kopi robusta temanggung, nah ditambahin di bagian judulnya “jual kopi robusta temanggung di kecamatan kebayoran lama” tujuannya apa ? supaya kita menguasai kata kunci longtail keyword yang banyak, untuk apa ? kalo longtail keyword nya banyak , maka traffik akan berdatangan dengan sendiri nya ๐Ÿ™‚ ini cara manual nya , kalo cara BOT nya bikin ribuan artikel dalam sekali posting bisa wa ke pak kepala sekolah aja di wa.me/6281298798125ย  isi wa nya “mau link untuk bikin bot ribuan artikel donk pak kepala sekolah ๐Ÿ™‚
  7. Share seluruh postingan kamu di sosial media, cara nya ? kan tadi di atas udah install plugin jetpack , nah plugin ini ada auto share ke twitter dan facebook fanspage atau facebook personal, jadi sebelum ke langkah 6 siapin dulu akun sosial media nya, sambil disiapin akun sosial media update update status dulu.
  8. Install whatsapp bisnis sebagai CS untuk menerima order kamu whatsapp bisnisKenapa Whats app bisnis ? supaya pelanggan merasa tersapa begitu mereka chat kita ๐Ÿ™‚ Nah contoh nya lansung aja cek langkah nomor 6 dan test message ke kepala sekolah yaaaa ๐Ÿ™‚ please biasakan chat dengan sopan jangan “p” “ping” ini android bukan blackberry yang bisa test ping hahahaha

 

Udah 8 langkah aja ini berikutnya langkah untuk bikin sosial media yang udah teroptimasi secara langsung

Langkah Membuat Nama Sosial Media yang Ter Optimasi

  1. Pastikan Nama Akun Sosial Media kita antara 1 sosial media dengan sosial media lainnya sama , misal nya di twitter nama nya “tokokopi” di instagram juga nama nya “tokokopi” dan di facebook fanspage “toko kopi ” juga . Apalagi dilengkapi dengan nama domain yang sama , makin dipercaya aja deh toko online kita.
  2. Konsistensi Posting, Nah Jika Kesulitan menemukan Ide Konten apa yang bisa dilakukan untuk posting bahkan sampai 1 tahun ke depan saatnya memanfaatkan tools salah satu nya bisa menggunakan levidio Feed karena dengan levidio feed akanย  menDapatkan Akses Lebih dari 1.368+ Template Grafis dan Video dengan 5.418 Desain di dalamnya, 1900+ Stock Photo & Video Model, dan 7000+ Ide Post Calendar yang Akan Membuat Tampilan Media Sosial kamu Jauh Lebih Baik dari Kompetitor kamu, order LEVIDIO bakalan ga kehabisan ide deh kalo kamu pake levidio the feed.
  3. Ide udah dapet saat nya memanfaatkan tools untuk scheduling seluruh postingan kamu, ada beberapa link yang pak kepala sekolah rekomendasikan

Sisanya Browsing Sendiri yak :p

Buset baru segini aja udah hampir 700 kata aja, padahal era google sekarang yang bagus artikel 1000 kata minimal, bahkan kalo sanggup bikin sampe 2000 kata.

Nah sekarang bicara konten nya, apa aja yang bisa diposting dari sebuah akun sosial media ?

Manajemen KOnten Sosial Media

  1. Konsistensi Jadwal Postingan , akan membuat audience rindu sama akun sosial media kita
  2. Jangan Posting jualan melulu, sesekali boleh kok sharing yang bermanfaat, misalnya pak kepala sekolah kan jualan kopi dari flores bajawa, boleh dibuat schedule selama 1 minggu akan membahas seputar wisata di daerah flores bajawa, apa keunggulan dan bagaimana menuju kesana, versi pendek nya bisa ditulis di sosial media dan versi panjang nya ditulis sebagai artikel di BLOG website kita.
  3. Saling promote akun sosial media kita sendiri, maksudnya sering sering promosikan kalo akun instagram ini juga punya akun twitter juga, jika menggunakan instagram yang ga bisa share link di postingan, lengkapi dengan linketree sehingga seluruh sosial medi bisa masuk ke dalam BIO
  4. Hijack beritaย  , maksudnya gimana ? ada berita apa yang rame masuk kesana tentu dengan ending ke arah produk kita , tehnik ini nanti akan pak kepala sekolah bahas secara 1 artikel sendiri yaaa
  5. Jangan Posting konten di sosial media dari sudut pandang kita, tapi belajarlah melihat dari sudut pandang customer , apa yang menurut kita bagus belum tentu bagus menurut customer, idealisme diabaikan dulu lah.
  6. Selalu Ajak Interaksi audience, dengan bertanya , ga melulu pertanyaan tentang jualan, mau order berapa,tapi bertanya sesuatu yang memang memancing interaksiinteraksi akun sosial mediaLihat Contoh Caption yang pak kepala sekolah contohkan, disana akun ini bertanya “yang mana ukuran jilbab jika di area rumahan mak ?” tanpa sama sekali nyuruh orang beli atau terlihat jualan secara terang terangan lalu lihat hasilnya interaksi akun sosial media facebookLumayan kan ada 10 yang komen dan ada 17 yang interaksi memberikan entah like atau LOVE.

capek juga ternyata menuju 1000 kata setiap postingan, semoga postingan kali ini bermanfaat, pak kepala sekolah akan posting lagi besok meneruskan artikel ini dengan contoh contoh yang lebih nyata .

Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa makan makanan sehat, sama cuci tangan yang bersih yaaaa

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *